img_head
BERITA

Pengadilan yang ‘Ramah’ Bagi Kaum Disabilitas

Nov28

Konten : berita hukum
Telah dibaca : 12 Kali


Sebagai lembaga peradilan, Mahkamah Agung (MA) dan badan peradilan di bawahnya mengemban amanah untuk membantu pencari keadilan serta berusaha mengatasi segala hambatan dan rintangan untuk bisa tercapainya peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan.

Ketentuan itu disebut dalam Pasal 4 ayat (2) UU Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman. Berangkat dari upaya mengatasi segala hambatan dan rintangan itu, sejumlah pengadilan tingkat pertama melakukan inovasi-inovasi untuk mewujudkannya.

Misalnya,yang dilakukan Pengadilan Negeri Tapaktuan. Melihat kondisi yang terjadi di pengadilan,khususnya bagi para pencari keadilan yang memiliki keterbatasan fisik, melatarbelakangi Pengadilan Negeri Tapaktuan memberikan layanan fasilitas kursi roda bagi para pencari keadilan. Tak hanya bagi para pencari keadilan, fasilitas kursi roda itu juga bisa dipakai oleh pengunjung sidang, saksi-saksi, hingga pengunjung yang sudah lanjut usia. Tak sebatas fasilitas kursi roda. Pengadilan Negeri Tapaktuan juga membangun sarana dan prasarana untuk memudahkan lalu lintas pengguna kursi roda yang disediakan. Misalnya, menyediakan jalan atau area khusus untuk bisa dilalui pengguna kursi roda.

  • Galeri