img_head
BERITA

MENYAMBUT HUT MA KE-74: MA AKAN LUNCURKAN E-LITIGATIAN DAN THEME SONG

Jul22

Konten : berita umum
Telah dibaca : 113 Kali


Jakarta—Humas MA: Hari Ulang Tahun ke-74 Mahkamah Agung yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2019 akan diisi dengan peluncuran aplikasi E-Litigation dan Theme Song Mahkamah Agung.

Demikian disampaikan Sekretaris Mahkamah Agung, A. S. Pudjoharsoyo dalam pertemuan bersama seluruh Kepala Biro dan Kepala Bagian terkait di ruangannya Kamis (18/07/2019).

Menurut Pudjoharsoyo, suasana kebatinan peringatan hari ulang tahun ke-74 kali ini tidak banyak berbeda dengan hari ulang tahun sebelumnya. “Pada tahun ini kita memastikan bahwa seluruh satuan kerja pengadilan sudah siap untuk menerapkan aplikasi pengadilan elektronik,” ungkapnya.

Bersamaan dengan kesiapan tersebut, Mahkamah Agung saat ini tengah mempersiapkan penguatan terhadap aplikasi tersebut dengan mempersiapkan perubahan peraturan tentang administrasi perkara secara elektronik yang memasukkan ketentuan-ketentuan beracara secara elektronik (E-Litigation) serta aplikasi yang akan dipergunakan. “Kita berharap pengaturan dan aplikasi tersebut dapat diluncurkan pada momentum ulang tahun tersebut,” sambung mantan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat itu.

Dengan pertimbangan tersebut tema peringatan hari ulang tahun Mahkamah Agung masih akan berkisar pada pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan tata kelola pengadilan. “Temanya nanti akan ditetapkan oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung,” papar Pudjoharsoyo.

Peluncuran Theme Song Mahkamah Agung

Selain akan meluncurkan peraturan dan aplikasi untuk beracara secara elektronik, momentum peringatan hari ulang tahun juga akan diisi dengan peluncuran theme song Mahkamah Agung.

Menurut Pudjoharsoyo, theme song tersebut dipandang perlu untuk membangkitkan semangat aparatur pengadilan dalam melaksanakan tugasnya. “Selama ini Mahkamah Agung maupun peradilan dibawahnya belum memiliki theme song tersebut,” ungkap Pudjoharsoyo.

Theme Song tersebut tengah dalam proses finalisasi oleh Mahkamah Agung bersama musisi Addie MS.

“Kita rencanakan pada hari itu diperdengarkan secara resmi dan disebarluaskan kepada seluruh aparatur pengadilan,” papar Pudjoharsoyo lebih lanjut.

Untuk peluncuran tersebut, pihaknya juga tengah mempersiapkan keputusan Ketua Mahkamah Agung yang menetapkan penggunaan theme song tersebut bersama dengan peraturan penggunaannya di acara-acara resmi Mahkamah Agung dan Badan-Badan Peradilan di bawahnya. (Humas/Mohammad Noor/Photo:ishma)